Polisi Tangkap 30 Motor Tak Lengkap

Polres Bengkulu Selatan (BS) saat ini tidak hanya menggelar razia di jalan raya. Namun sudah menyasar ke sekolah-sekolah. Razia tersebut untuk memastikan apakah sepeda motor yang dipakai pelajar pakai knalpot standar atau tidak juga juga memakai kaca spion. “ Kami mengamankan 30 unit sepeda motor pelajar yang tidak lengkap,” kata Kapolres Bengkulu Selatan, AKBP Rudy Purnomo SIK MH Melalui Kasat Lantas, AKP Kusman Jaya SH didampingi Kapolsek Pino Raya, AKP Syafrizal SH.
Syafrizal mengatakan razia kendaraan pelajar tersebut digelar Senin (8/10) di SMPN 5 BS dan SMAN 9 BS di Desa Pasar Pino, Pino Raya mulai pukul 11.05 WIb hingga selesai. Dari razia tersebut, pihaknya menemukan banyak sepeda moto yang memakai knalpot tidak standar.
Selain itu juga kaca spionnya tidak lengkap. Kemudian ada juga yang tidak memakai plat nomor kendaraan.“ pelajar yang mau mengambil lagi kendaraannya, kami wajibkan melengkapi sepeda motornya terlebih dahulu,” ujarnya. Syafrizal menambahkan, sebelum menggelar razia kendaraan pelajar,dirinya mengaku pihaknya sudah sering menggelar sosialisasi ke sekolah tersebut. Hal itu dimaksudkan, agar para pelajar memakai kendaraan yang lengkap.
Sehingga dapat mencegah mereka dari kecelakaan. Selain itu, untuk mengantisipasi sepeda motor yang dipakai pelajar bukan sepeda motor hasil curian.“ Kami sudah sering sosialisasi, sehingga hari ini (kemarin red) penindakan bagi yang tidak menghiraukan imbauan kami,” imbuhnya.
Syafrizal menjelaskan, setelah razia tersebut, pelajar yang kendaraannya tidak lengkap dan tidak standar diwajibkan membuat surat pernyataan tidak akan mengulangi perbuatan serupa. Sehingga jika nanti, kembali ditemukan masih ada pelajar yang membawa kendaraan tidak lengkap, pihaknya akan menilang kendaraan tersebut. “ Ke depan kami akan rutin menggelar razia kendaraan pelajar ini, jika kembali kami temukan tidak lengkap, kendaraannya akan kami tilang,” demikian Syafrizal.
Prev Next